Thursday, April 24th, 2014

Tips Menyajikan Sarapan Pagi

June 8, 2011 by  
Filed under Tips Memasak

sajikan makananHampir semua ibu tahu sarapan sangat penting. Sayangnya sempitnya waktu sering menjadi kendala. Jadilah menu makan pagi dibuat secara serampangan. Jangan khawatir di bawah ini ada trik-trik yang bisa membantu Anda menyiapkan sarapan yang lebih berkualitas bagi si kecil:

  • Menu sarapan untuk balita dan si usia sekolah harus mengacu pada pemenuhan 1/3 kecukupan kalori dalam sehari. Untuk anak 3­5 tahun perlu + 400 Kalori, 6­8 tahun + 550 Kalori, dan anak usia 10­12 tahun memerlukan + 600 Kalori
  • Mudah dicerna agar cepat ditransfer ke otak, untuk itu sebaiknya disusun menu lengkap gizi. Misal dalam bentul one dish meal atau hidangan sepinggan. Artinya dalam sekali saji, Anda sudah mendapat asupan gizi yang lengkap.
  • Buatlah menu lengkap sehingga memenuhi kebutuhan zat gizi, yaitu mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Sajikan menu sarapan dengan resep yang sederhana, mudah dibuat, dan mempunyai cita rasa yang enak. Tapi sesekali boleh manjakan sang buah hati dengan menu hidangan yang agak “rumit”. Asal sehari sebelumnya bahan-bahannya sudah disiapkan dan bagian pembuatan yang sulit sudah dikerjakan lebih dulu. Contoh, kalau mau menyajikan menu pizza, adonanannya sudah dibuat malam harinya.
  • Pakailah bahan-bahan pangan yang bervariasi atau beraneka ragam. Jangan yang itu-itu saja. Jumlah porsi juga jangan terlalu besar atau lebih sedikit daripada menu makan siang atau makan malam.
  • Agar membantu metabolisme makanan dalam tubuh, usahakan selalu menyajikan buah-buahan pada menu sarapan. Kandungan enzim pada buah-buahan dapat membantu proses pencernaan makanan dalam lambung.

 

Incoming search terms:

resep sarapan pagi anak,resep sarapan pagi,kumpulan resep sarapan pagi,resep masakan sarapan pagi,resep sarapan pagi praktis,menu makanan untuk usia 1 sampai dengan usia 3 tahun,menu makanan balita 4 tahun,resep masakan sehari-hari yang mudah,menu balita 4 tahun,resep harian keluarga

Leave a Reply

*

Untuk Menutup ini, KLIK IKLAN di bawah ini. DENGAN BEGITU ANDA TELAH IKUT MEMBANTU BLOG INI, Anda tidak akan kehilangan halaman ini, karena iklan akan terbuka di TAB baru, Terima Kasih..
SEO Powered By SEOPressor